Penggantian Paspor Secara Online 3 Hari Selesai

Saya mau berbagi pengalaman pribadi proses penggantian buku paspor Februari 2014 kemarin di Surabaya/Sidoarjo. Proses penggantian buku paspor sekarang jauh lebih mudah dan cepat dengan adanya sistem online. Sistem online dibuat dan diarahkan agar setiap individu mau dan dapat mengurus sendiri lebih mudah dan cepat.

Pada awalnya saya bertanya-tanya informasi pengurusan paspor menggunakan calo, biayanya bisa mencapai Rp. 475ribu – Rp 960ribu, dengan catatan selesai dalam 1minggu – 3minggu. Karena kebetulan saya butuh paspor baru tersebut dalam 4minggu, maka tertarik lah untuk mencoba pengurusan sendiri via online yg mana 3hari kerja selesai.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pengurusan paspor via online, yaitu: KTP, KK asli, akte lahir/ ijasah/ surat nikah asli. Karena kita akan perlu untuk submit via online maka lakukan scan berkas tersebut menjadi file jpeg (grayscale/ hitam putih, file size di bawah 300kb)

Berikutnya adalah buka situs imigrasi Indonesia http://www.imigrasi.go.id. Pilihlah menu di atas ke Layanan Publik > Layanan Paspor Online. Klik link tersebut dan akan muncul halaman baru seperti berikut;

Menu Layanan Paspor Online
Pada halaman baru tersebut pilihlah menu Pra Permohonan Personal maka akan muncul halaman baru lagi seperti berikut;
Pra Permohonan Personal
isi kolom-kolomnya dan lanjutkan ke halaman berikut utk upload film berkas yg diperlukan saja.

Setelah itu anda akan dikirimkan email berisi ucapan terima kasi telah mendaftar secara online dan lampiran tanda terima pra permohonan dengan total biaya tagihan yang harus dibayar, sejumlah Rp.255.000 untuk paspor 48H.
Print tanda terima tersebut dan lakukan pembayaran melalui bank BNI terdekat. Sampaikan saja ke staf bank BNI mau membayar paspor dan langsung di proses di teller. Ada tambahan biaya administrasi Rp.5.000, jadi total yang harus dibayarkan di BNI sejumlah Rp.260.000. dan diberilah kita tanda terima bukti pembayaran.

Kembali pada email sebelumnya dan lakukan konfirmasi melalu link yang sudah diberikan. dan lalukan pemilihan lokasi kanim dan memilih jadwal hari/ tanggal hadir di kantor imigrasi.

Setelah semua itu, kita terima email lagi konfirmasi jadwal kedatangan dan jangan lupa untuk harus di print dan dibawa.

Proses verifikasi data, foto dan wawancara.
Ingat dan datanglah ke kantor imigrasi harus pada tanggal / hari jadwal kedatangan anda.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk harus dibawa adalah
KTP asli
KK asli
Akte lahir/ ijasah/ surat nikah asli
Bukti Pembayaran pra permohonan dari BNI
Print jadwal kedatangan ke kantor imigrasi
Fotokopi KTP, KK, Akte lahir/ ijasah/ surat nikah. masing-masing 1 lembar saja (saya sarankan untuk fotokopi di lokasi kantor imigrasi saja, supaya syarat dan ketentuan fotokopinya pasti benar. Pada saat itu saya bawa 3 berkas masing-masing copy 1 lembar dikenakan biaya Rp.2.000,- ( ukuran kertas A4).

Setiba di lokasi, menghadaplah ke loket Costumer Service untuk bertanya mengenai prosedur penggantian buku paspor secara online (jika diperlukan) atau langsung meminta map Hijau kantor imigrasi (FREE) dan ada berkas data yang harus diisi lalu masukkan semua berkas dan fotokopi2an ke dalam map hijau (kecuali berkas asli tetap dibawa sendiri dan berikan tunjuk/lihat jikalau diminta / diperlukan) dan berikan ke loket 2. Tunggu panggilan dan proses di loket 2 sampai selesai, lanjutkan untuk menunggu dipanggil di loket 4. di loket 4 kita akan menerima no.antrian foto dan wawancara di ruang foto dan wawancara.

Lakukan proses foto, wawancara/verifikasi data > SELESAI.

dan jangan lupa untuk menunjang kemajuan kinerja, lakukan pengisian nilai kesan pelayanan imigrasi pada mesin touch screen yang di sediakan dalam ruang foto.

Proses Pengambilan Paspor
tunggu 3 hari kerja untuk kembali ke kantor imigrasi mengambil paspor di loket pengambilan atau lebih amannya pasti selesai dalam 4 hari kerja daripada 3 hari datang belum selesai juga dan bolak balik.
Ke loket depan pengambilan paspor, dan gunakan berkas nomer antrian foto dan bukti pra permohonan untuk mengambil paspornya, tunggu untuk dikonfirmasi dan dipanggil oleh petugasnya.

Masalah kehadiran di kantor imigrasi, pengalaman saya sih kalau pagi malah susah parkir nya, saya sempat parkir di RS.Mitra Keluarga dan jalan kaki pp kantor imigrasi yang belum punya lahan parkir layak. Tetapi karena beberapa hal saya harus bolak-balik dan kembali lagi di kantor imigrasi sekitar pukul 10:30 pagi, kebetulan juga proses dr CS, loket 2, loket 4 sepi dan lancar. Cuman memakan waktu kurang lebih 30-40menit semua proses selesai.
Parkir di luar lahan imigrasi dikenakan tarif sesuka hati tukang parkirnya Rp.10.000,- dan ada pakai tunjuk karcis-karcisan buatan mereka sendiri. Kata tukang parkirnya:”yang penting aman.”

Kalau tarif parkir di RS.Mitra Kelurga Rp.3.000 tapi jalan kaki sekitar 800m an 1way.

Sekian pengalaman saya mengurus sendiri penggantian paspornya, semoga bisa membantu teman-teman sekalian.

6 thoughts on “Penggantian Paspor Secara Online 3 Hari Selesai

  1. kalau ini perpanjangan , apa paspor asli dan fotokopi perlu dibawa juga ? karena di tulisan di atas seolah pengajuan passport baru

    • @Basuki Purnama Iya paspor asli dibawa, fotokopinya juga, semua ntar cek dan diserahin ke mereka, kalau perlu visa yang ada didalam paspor lama, ada lembar pengambilan paspor lamanya kok, tp paspornya bakalan udah digunting ujungnya. Perpanjangan dalam istilah mereka penggantian buku (karena bukunya toh juga ganti baru)

Leave a comment